Analisis Bibliometrik Tren Kolaborasi Penelitian antar Peneliti terkait dengan Audit Eksternal suatu Bisnis serta Instansi Pemerintah di Indonesia (Tahun 2018-2023)

  • Dhandy hermawan madu sangga buana university
  • Fitriana Universitas Sangga Buana
  • Rachmat Agus Santoso Sekolah Tinggi Ekonomi STAN IM
  • Nurul Rusdiansyah Universitas Nusa Putra
Keywords: Audit Ekternal, Bisnis, Instansi Pemerintahan, Indonesia

Abstract

Aktivitas riset audit eksternal di Indonesia terus meningkat, namun kolaborasi antar peneliti masih lemah. Tujuan penelitian ini adalah memetakan pola kolaborasi riset audit eksternal di Indonesia melalui analisis co-au`thorship dengan pendekatan full counting dan fractional counting. Tinjauan literatur dilakukan terhadap 76 artikel jurnal periode 2010-2020. Hasil penelitian menunjukkan kolaborasi riset didominasi individu dan klaster kecil 2-3 peneliti per institusi. Oleh karena itu, disarankan perlu membangun jejaring kolaborasi antar peneliti dan praktisi audit guna memperkuat riset nasional bidang ini. Selain itu, diperlukan pemetaan berkala tren riset audit eksternal untuk evaluasi pengembangan riset di masa depan.

Published
2024-02-29
How to Cite
hermawan madu, D., Fitriana, Santoso, R. A., & Rusdiansyah, N. (2024). Analisis Bibliometrik Tren Kolaborasi Penelitian antar Peneliti terkait dengan Audit Eksternal suatu Bisnis serta Instansi Pemerintah di Indonesia (Tahun 2018-2023). Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi Dan Keuangan, 6(1), 10 - 16. https://doi.org/10.52005/aktiva.v6i1.223