Pengaruh Kualitas Sistem Akuntansi terhadap Pengendalian Internal dalam Rangka Pemasaran Berkelanjutan: Studi Kasus pada Industri Retail di Provinsi Jawa Barat

  • Ari Purwanti Universitas Dian Nusantara
  • Rendy. C. E. Pesiwarissa USWIM Nabire
  • Siti Nuridah Universitas Pertiwi
  • Andika Isma Universitas Negeri Makassar
  • Andri Ardhiyansyah Universitas Nusa Putra
Keywords: Sistem Akuntansi, Pengendalian internal, Pemasaran berkelanjutan

Abstract

Studi penelitian ini menyelidiki pengaruh kualitas sistem akuntansi terhadap praktik
pengendalian internal dalam konteks pemasaran berkelanjutan di industri ritel di Provinsi Jawa
Barat. Tujuannya adalah untuk mendapatkan wawasan tentang hubungan antara kualitas sistem
akuntansi dan pengendalian internal dan memahami bagaimana faktor-faktor ini berkontribusi
terhadap inisiatif pemasaran berkelanjutan. Pendekatan studi kasus diadopsi, dan data
dikumpulkan dari 150 perusahaan ritel yang beroperasi di Provinsi Jawa Barat. Temuan
menunjukkan adanya hubungan positif antara kualitas sistem akuntansi dan praktik
pengendalian internal. Secara khusus, akurasi data, ketepatan waktu, kelengkapan, keamanan,
dan integrasi ditemukan secara signifikan mempengaruhi lingkungan pengendalian, penilaian
risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, dan praktik pemantauan. Hasil ini
menyoroti pentingnya investasi dalam kualitas sistem akuntansi untuk meningkatkan
mekanisme pengendalian internal dalam mendukung upaya pemasaran yang berkelanjutan.
Implikasi dari temuan ini bagi perusahaan ritel yang ingin mengintegrasikan praktik pemasaran
berkelanjutan juga dibahas.

Published
2023-06-30
How to Cite
Ari Purwanti, Rendy. C. E. Pesiwarissa, Siti Nuridah, Andika Isma, & Andri Ardhiyansyah. (2023). Pengaruh Kualitas Sistem Akuntansi terhadap Pengendalian Internal dalam Rangka Pemasaran Berkelanjutan: Studi Kasus pada Industri Retail di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 68 - 80. https://doi.org/10.52005/aktiva.v5i2.186
Section
Article