Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Memilih Karir Menjadi Akuntan Publik (Studi Empiris Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Nusa Putra)

  • Neneng Paridatul Husna
  • Nanan Universitas Nusa Putra
  • Siti Sarah Sobariah Lestari Universitas Nusa Putra
Keywords: Penghargaan Finansial, Pelatihan Profesional, Lingkungan Kerja, Nilai-Nilai Social, Pengakuan Profesional

Abstract

Penelitian ini untuk menentukan presepsi mahasiswa akuntansi mengenai faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi memilih karir menjadi Akuntan Publik. Presepsi ini diukur menggunakan variabel independen antara lain: penghargaan financial, pelatihan professional, lingkungan kerja, nilai-nilai sosial dan pengakuan profesioanal. Data yang digunakan yaitu data primer dengan membagikan kuesioner. Mahasiswa Akuntansi Universitas Nusa Putra sebagai populasi yang digunakan dan sampel yang digunakan adalah mahasiwa angkatan 2018 dan 2019. Sampel yang didapat 72 responden, metode analisis yang dipakai antara lain: Uji Instrumen), Uji asumsi klasik, Uji regresi linear. Hasil penelitian didapat faktor penghargaan finansil, pelatihan profesional, lingkungan kerja, nilai-nilai sosial dan pengakuan professional secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pemilihan karir menjadi akuntan publik. Faktor lingkungan kerja dan pengakuan profesional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemilihan karir menjadi akuntan publik akan tetapi faktor penghargaan financial, pelatihan profesioanl, dan nilai-nilai sosial secara individu tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pemilihan karir menjadi akuntan publik.

Published
2022-11-04
How to Cite
Neneng Paridatul Husna, Nanan Sunandar, & Siti Sarah Sobariah Lestari. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Memilih Karir Menjadi Akuntan Publik (Studi Empiris Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Nusa Putra). Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi Dan Keuangan, 4(2), 94 - 109. https://doi.org/10.52005/aktiva.v4i2.168
Section
Article