Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Harga Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan Property & Realestate Sub Sektor Kontruksi dan Bangunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

  • Herlina Dwiyanti
  • Rizki Apriani PT. Busana Indah Global
  • Wili Handayani PT. Cipta Dwi Busana
Keywords: Current Ratio (CR), Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM), Operating Profit Margin (OPM), Harga Saham

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk memenuhi tugas kuliah serta untuk memahami bagaimana pengaruh rasio keuangan kepada harga saham pada perusahaan property realestate sektor kontruksi serta bangunan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2019. Dengan menggunakan rasio keuangan seperti rasio profibilitas ,likuiditas dan solvibilitas.

Adapun rasio-rasio keuangan yang diteliti yaitu Current Ratio (CR), Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM), dan Operating Profit Margin (OPM), sebagai variabel indevenden dan harga saham sebagai variabel dependen . Dalam penelitian ini kami sebagai peneliti menggunakan sebanyak 8 sampel perusahaan yang terdaftar di bursa efek indonesia. Data yang digunakan adalah data kuantitatif laporan keuangan tahunan perusahaan yang terdaftar di bursa efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan metode analisa regresi linear berganda dengan memakai program SPSS. Hasil penelitian yang kami peroleh ini menunjukan variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen.

Published
2020-06-26
How to Cite
Dwiyanti, H., Rizki Apriani, & Wili Handayani. (2020). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Harga Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan Property & Realestate Sub Sektor Kontruksi dan Bangunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi Dan Keuangan, 2(2), 66-80. https://doi.org/10.52005/aktiva.v2i2.138