Pengaruh Profitabilitas, Lingkungan Kerja, dan Gaji Terhadap Loyalitas Karyawan (Studi Kasus pada PT MBKV Cabang Cianjur Utara dan Sukabumi Utara)

  • Elita Melani
  • Rini Syahril Fauziah PT Mitra Bisnis Keluarga Ventura (MBKV)
Keywords: Profitabilitas, Lingkungan Kerja, Gaji Karyawan

Abstract

Loyalitas karyawan dalam sebuah perusahaan merupakan bagian dari asset perusahaan yang berharga, karena dengan karyawan yang loyal dapat menjunjung tinggi nilai-nilai perusahaan. Sehingga kesempatan menaikan laba perusahaan semakin besar. Loyaloitas karyawan (SDM) juga seringkali disebut sebagai kunci dari perkembangan sebuah perusahaan. Apalagi bila ditunjang dengan fasilitas-fasilitas perusahaan yang memadai tentu saja itu akan meningkatkan kinerja serta loyalitas karyawan juga terhadap perusahaan. Penelitian karya tulis ini bertujuan untuk menganalisis variabel apa saja yang menjadi pengaruh signifikan terhadap loyalitas karyawan di PT Mitra Bisnis Keluarga Cabang Cianjur Utara dan Sukabumi Utara. Variabel terikat (dependen) yang digunakan dalam penelitian ini adalah loyalitas karyawan (Y). Sedangkan untuk variabel bebas (independen) yang digunakan dalam penelitian ini adalah Profitabilitas (X1), Lingkungan Kerja (X2), dan Gaji Karyawan (X3). Data yang digunakan merupakan data kuantitatif dan juga merupakan data primer yang mengacu pada informasi yang diperoleh langsung peneliti dari narasumbernya langsung, dengan pengambilan sampel dilakukan dengan membagikan quesioner kepada responden. Pengujian analisis penelitian ini menggunakan analisis uji validitas, uji reliabilitas, regresi linear berganda, dan  koefisien determinasi. Dimana sebelum menyebarkan ke responden asli, quesioner yang digunakan di uji validitas dan reliabilitasnya terlebih dahulu. Setelah pengujian itu, barulah quesioner di sebarkan ke responden asli. Dari analisis penelitian ini menunjukan bahwa lingkungan kerja (X2) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas kerja karyawan di suatu perusahaan tersebut.

 

Published
2020-06-27
How to Cite
Melani, E., & Rini Syahril Fauziah. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Lingkungan Kerja, dan Gaji Terhadap Loyalitas Karyawan (Studi Kasus pada PT MBKV Cabang Cianjur Utara dan Sukabumi Utara) . Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi Dan Keuangan, 2(2), 46-55. https://doi.org/10.52005/aktiva.v2i2.136