ANALISIS KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM PENYETORAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PASCA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Desa Cibolang Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi)

  • Elis Lisnawati Elis Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Hendra Tanjung
  • Risma Nurmilah
Keywords: Pajak Bumi dan Bangunan, Kepatuhan Wajib Pajak, Kondisi Ekonomi, Pasca Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kepatuhan wajib pajak dalam melakukan penyetoran Pajak Bumi dan Bangunan dimasa pasca pandemi covid-19 pada Desa Cibolang Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi. Dengan melihat kesadaran wajib pajak, pengetahuan perpajakan serta kondisi ekonomi wajib pajak ketika melakukan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan tahap terakhir menarik kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kepatuhan wajib pajak Desa Cibolang dalam melakukan penyetoran Pajak Bumi dan Bangunan dilihat dari target dan realisasi di tahun 2020-2021 menunjukkan tidak patuh. Dan di tahun 2022 atau dimasa pasca pandemi covid-19 mengalami penurunan kepatahuan cukup signifikan yang menunjukkan tidak patuh. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak adalah kesadaran wajib pajak, pengetahuan perpajakan, serta kondisi ekonomi.

Published
2023-09-14
How to Cite
Elis, E. L., Hendra Tanjung, & Risma Nurmilah. (2023). ANALISIS KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM PENYETORAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PASCA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Desa Cibolang Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi). Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi Dan Keuangan, 5(3), 137 - 151. https://doi.org/10.52005/aktiva.v5i3.194
Section
Article